ULASAN 1 : Pointers and Arrays in C/C++

Dalam ulasan ini, saya akan membahas video yang berjudul "Pointers and arrays" yang dibuat oleh akun 'mycodeschool' dengan url video : https://youtu.be/ASVB8KAFypk. Video ini diunggah pada tanggal 20 Februari 2013 dan telah mendapatkan 235.024 Penayangan pada saat menonton video ini dan berdurasi selama 8 Menit 42 Detik.

Pada video ini akan dijelaskan hubungan antara pointer dan Array dalam C/C++ memiliki hubungan yang SANGAT KUAT. Array dalam C disimpan dalam memori dalam berbentuk blok - blok di mana elemennya mempunyai address sendiri-sendiri tergantung tipe datanya, contohnya ada array integer yang mempunyai nama A dan Integer berbentuk data 4 bit pada tiap elemennya maka address akan berbeda 4 bit misal base nya 200 maka address elemen selanjutnya adalah 204. Fungsi Pointer pada C adalah untuk mengakses elemen dengan menggunakan address dari elemen pada array.

TETAPI ada pengecualian dalam pemanggilan di C. Misal, kita mempunyai array B dan memanggil B dalam bentuk "printf(B)" akan memberikan kita base address (address dari elemen pertama) dari array tersebut, tetapi tidak bisa melakukan increment pada nilai A karena jika hal itu dilakukan menghasilkan compile error, berbeda jika kita telah mengassign nilai itu pada suatu pointer maka bisa dilakukan operasi untuk mengubah nilai tersebut, untuk kasus ini nilai dari base address. Hubungan yang SANGAT KUAT antara pointer dan array adalah array menyimpan data dan memiliki base address yang next address merupakan elemen dari array tersebut ,Oleh karena itu kita bisa tahu ISI dari address tersebut dengan menggunakan pointer, sedangkan tanpa array kita TIDAK BISA menentukan dengan mudah elemen pada suatu address karena bukan array.

Github Account : agasyan
URL Ulasan : https://os-agasyan.blogspot.co.id/2017/12/ulasan-1-pointers-and-arrays-in-cc.html
URL Video : https://youtu.be/ASVB8KAFypk (8 Menit 42 Detik)
Pemetaan konten : week04
Revisi Pertama : 2 Desember 2017
Revisi Terakhir : 3 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULASAN 2 : Scheduling Policy

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-2

RANKING02 ULASAN PESERTA OS 2017-2