ULASAN 2 : Scheduling Policy


Dalam ulasan kali ini akan membahas video dengan judul "Operating Systems 3 - Process Manager Part 2" yang dibuat oleh 'Shaun Stone', dinarasikan oleh 'Sean' dan diunggah ke YouTube oleh channel 'OpenCanvas'. Video ini berdurasi 5 Menit 39 Detik dan telah mendapatkan 39.354 kali penayangan.

Part 1 video ini yang berjudul 'Operating Systems 3 - Process Manager Part 1' yang memiliki URL https://youtu.be/bS3QuOQgUu8 lebih berfokus kepada sifat dari proses itu sendiri, seperti cara jalannya  dan ditempatkan di mana proses itu pada hardware komputer apakah di cache, RAM, atau sistem penyimpanan lainnya. Karena fokus saya adalah scheduling dari proses itu sendiri maka yang saya ulas adalah video yang tertera pada paragraf pembuka atau lanjutan dari video ini.

Sistem mempunyai 3 batasan yaitu jumlah sumber daya yang terbatas, ada sumber daya yang tidak bisa dipakai oleh proses lain, dan ada beberapa sumber daya yang mengharuskan pengguna menugaskan kembali proses ke sumber daya yang ada. Oleh karena itu kira membutuhkan aturan, agar mendapat hasil yang maksimal dan membuat pekerjaan CPU lebih efisien. ada 2 macam "schedulers" yaitu "pre-emptive" yang berarti kita bisa interrupt tugas dan "non pre-emptive" yang harus menunggu tugas yang sedang dikerjakan selesai.

Beberapa algoritma yang digunakan CPU untuk memproses pekerjaan dalam sistem adalah :
-FCFS (first come first serve), bersifat non pre-emptive dan harus menunggu sampai pekerjaannya selesai, sesuai dengan urutan masuknya
-SJN (Shortest Job Next), bersifat non pre-emptive dan mengerjakan tugas yang paling cepat waktunya dulu untuk diselesaikan
-Priority Scheduling, bersifat non pre-emptive dan mengerjakan tugas sesuai dengan keinginan admin tugas mana dahulu yang lebih tinggi prioritasnya.
-Shortest Remaining Time, bersifat pre-emptive yang artinya akan mengerjakan tugas yang waktunya lebih sedikit tetapi masih dalam kondisi menunggu (waiting state).
- Algoritma Terakhir yang sering digunakan dalam sistem interaktif yang mengerjakan banyak tugas bersamaan adalah round robin dimana membagi CPU sama besar untuk tiap proses dalam time quantum atau potongan waktu untuk tiap proses.
Ada juga multiple level queues yang berbentuk seperti paket bukan algoritma yang tiap queue menggunakan algoritma atau aturan berbeda sesuai kebutuhannya.

Penjalanan berbagai proses perlu ada sinkronisasi agar tidak ada masalah yang membuat sistem menjadi lebih lambat atau sebuah proses menghambat proses lainnya dan membuat berat CPU.


Github Account : agasyan
URL Ulasan : https://os-agasyan.blogspot.co.id/2017/12/ulasan-2-scheduling-policy.html
URL Video : https://youtu.be/7FRW4iGjLrc (5 Menit 39 Detik)
Pemetaan konten : week08
Revisi Pertama : 2 Desember 2017
Revisi Terakhir : 3 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-2

RANKING02 ULASAN PESERTA OS 2017-2